UPAYA GURU TAHFIDZ (PAI) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA Al-QUR’AN SISWA KELAS I SDIT GEMA INSAN MANDIRI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Moch Yasyakur, Heru Pramoko

Abstract


Sebagai pioner guru dituntut agar dapat membimbing dan memberikan keteladanan bagi peserta didik agar mau mengkuti ajaran Islam sesuai Al-Qur’an dan sunnah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas I SDIT Gema Insan Mandiri. Pada penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif deskriptif interpretatif untuk dapat memberikan gambaran upaya guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas I di SDIT Gema Insan Mandiri. Dari hasil penelitian ini didapati bahwa upaya guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas I di SDIT Gema Insan Mandiri maka yang dilakukan oleh guru adalah pembagian kelompok belajar, tambahan waktu belajar, motivasi belajar, tambahan pelajaran tahsin, reward and punishment. Hasil pembelajaran Tahfidz sudah sangat baik karena didukung pula dengan materi belajar lain seperti guru yang mengajar dengan penuh semangat, suasana yang kondusif, kelengkapan sarana dan prasarana, akhlak alkarimah.

Full Text:

PDF

References


Arif R.H, Muhammad S., dan Ali M., (2019). Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa di SMPIT Al-Hidayah kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor 2018/2019. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam. 2 (1).

Asep Saepul H. danBahruddin E. (2014). Metode Penelitian Kuanlitatif Aplikatif dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Aulina, Choirun Nisak, (2012). Pengaruh Permainan Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1 (2).

Burhanudin dan Esa Nur Wahyuni. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ruzz Media.

Dalyono, M.. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Darsono, Max. (2001). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP PGRI.

Departemen Pendidikan Nasional. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia edisike-4. Jakarta: PT Gramedia.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hakim, Arif Rahman, Muhammad Sarbini, dan Ali Maulida, (2019) Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa di SMPIT Al-Hidayah kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor 2018/2019. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam. 2(1).

Hamalik. (2001). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bina Aksara.

Hamdi, Asep Saepul dan E. Bahruddin. (2014) Metode Penelitian Kuanlitatif Aplikatif dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish

Jogiyanto. (2006). Pembelajaran Metode Kasus. Yogyakarta: Andi Offset.

Kamus Besar Bahasa (2012) Indonesia edisi ke-4. Jakarta: PT Gramedia

Maya, Rahendra. (2017). Perspektif Al-Qur ‘an Tentang konsep Al-Tadabbur. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 1(01).

Muhaimin Z. (2013). Tahfidz Al-Qur’an Metode Lauhun,Jakarta: Transpustaka.

Sardiman. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press

Syah, Muhibbin. (1999). Psikologi Belajar. Jakarta: Logos

Tafsir, Ahmad. (2014). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahidin, Unang, (2012). Budaya Gemar Membaca Sejak Usia Dini. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 1, n. 01, jan. 2012. ISSN 2581-1754.

Winkel, W.S.. (1989). Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Gramedia.

Zen, Muhaimin,(2013). Tahfidz Al-Qur’an Metode Lauhun, Jakarta: Transpustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bina Manfaat Ilmu: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.